Layanan COVID-19
Barito Utara

Hubungi: 0813-1497-1297

Berita

H. Nadalsyah Sampaikan 7.503 KK di Barut Terdampak COVID-19

Senin, 13-04-2020

Muara Teweh, 13 April 2020-Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengikuti Video Conference bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah yang di Pimpin oleh Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran.

Pada video conference kali ini membahas tentang penyediaan anggaran dalam menanggulangi COVID-19 di Kalimantan Tengah, baik anggaran untuk alat dan operasional kesehatan maupun anggaran untuk pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak oleh pandemi ini.

Gubernur Kalimantan Tengah meminta kepada pemerintah kabupaten/kota agar dapat memprioritaskan anggaran untuk penanggulangan Covid-19, namun mengingat beberapa kabupaten di Kalimantan Tengah ditimpa musibah banjir, ia juga mengingatkan untuk tetap menyiapkan anggaran tak terduga untuk hal-hal mendesak seperti musibah alam lainnya.

Menanggapi permintaan Gubernur, Bupati Barito Utara H. Nadalsyah menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Utara telah mengambil langkah yakni pendataan terhadap warga masyarakat yang terdampak. "Dampak dari penyebaran pandemi ini kami telah mendata ada 7.503 KK, kedepan kami akan membagikan bantuan sembako yang dalam waktu dekat insya Allah akan disalurkan," ucap Nadalsyah.
Ia menyampaikan bahwa data ini berasal dari Dinas Sosial PMD bersama pihak kecamatan, kelurahan hingga desa yang mana diharapkan penyalurannya dapat sesuai dengan ketentuan dan tepat sasaran.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Pemkab Barito Utara telah menganggarkan sejumlah 35 M yang disiapkan untuk 3 bulan kedepan untuk penanganan covid-19 baik untuk alat kesehatan maupun administrasi dan operasional. "Insya Allah untuk 3 bulan kedepan sudah kami alokasikan, semoga dana 35 Miliar ini dapat mencukupi dalam penanganan COVID-19," Ucap Nadalsyah.
Selain untuk penanganan pandemi ini, Pemkab Barito Utara juga telah menyiapkan bantuan kepada warga masyarakat yang terdampak musibah banjir di Barito Utara yang pada hari ini telah menetapkan status Tanggap Darurat Banjir.

Lebih lanjut H. Nadalsyah menyampaikan mengingat terbatasnya ruangan isolasi penanganan pasien pada RS Doris Silvanus Palangka Raya, Bupati dua periode ini menyampaikan bahwa RSUD Muara Teweh telah siap menangani pasien COVID-19. "Kami telah mempersiapkan RSUD Muara Teweh dengan menambahkan ruangan isolasi bagi pasien PDP covid-19 untuk wilayah Barito Utara maupun daerah kabupaten sekitarnya. Kami juga perlu dukungan dari provinsi, alat-alat untuk kelengkapan kami menangani pasien PDP ini," Ucap Nadalsyah.

Menanggapi Bupati Barito Utara, Gubernur menyampaikan akan segera menyalurkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara. Ia juga menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat akan mengunjungi Barito Utara untuk meninjau penanganan COVID-19 ini. (Diskominfosandi2020)